Blog

Maklon

  • Jasa maklon adalah semua pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa (disubkontrakkan), sedangkan spesifikasi, bahan baku,  barang setengah jadi, bahan penolong/ pembantu yang akan diproses sebahagian atau seluruhnya disediakan oleh pengguna jasa, dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.

  • Transaksi maklon dilakukan oleh dua pihak, yaitu Pengguna Jasa (pemilik barang) dan Pihak Pemberi Jasa (subkontraktor).

  • Dengan kata lain, suatu pemberian jasa dapat dikatakan jasa maklon apabila memenuhi persyaratan :

Spesifikasi barang ditentukan oleh pemilik barang/pengguna jasa.

Sebagian atau seluruh barang disediakan dan dimiliki pengguna jasa.

19

Alasan utama pengguna jasa memilih menggunakan jasa makloon adalah demi alasan efisiensi. Setiap pengusaha pasti menginginkan bisnisnya berjalan dengan efisien, sehingga modalnya kuat dan proses bisnis dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Banyak pemula bisnis yang tidak memiliki modal yang mencukupi. Sehingga untuk mulai berinvestasi, membeli peralatan mesin pabrik yang harganya tinggi dan lokasi penempatan mesin tersebut juga membutuhkan lahan yang cukup. Sehingga pengusaha harus memiliki investasi lokasi, belum lagi mengenai tenaga kerja yang perlu di rekrut demi menjalankan proses produksi tersebut. Akhirnya dengan modal yang terbatas, para pemula bisnis dapat menekan nilai investasi mereka dengan cara menggunakan jasa makloon.
Oleh karena proses pengerjaan sudah bisa dialihkan kepada pihak lain, istilah lainnya pengguna jasa “terima beres”, maka pengguna jasa akan lebih fokus pada bagaimana cara untuk memperluas pasar sehingga produknya bisa di terima secara luas oleh masyarakat. Bagaimana dengan desain produk dan merk yang dibangun, produk tersebut dapat diterima oleh pasar. Harapannya adalah meningkatkan permintaan pasar.
Dengan menggunakan jasa makloon, pengguna jasa dapat menikmati efisiennya biaya yang dikeluarkan. Misalnya biaya untuk lokasi pabrik, biaya tenaga kerja langsung untuk memproduksi produk. Modal yang dimiliki dapat difokuskan untuk pengeluaran biaya marketing untuk memasarkan produk.
www.pusatmaklon.com